Ponakan Jokowi Jadi Manager Pertamina Dinilai Tidak Masuk Akal, Ferdinand: Licin Karena Minyak?

GELORA NEWS –   Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ditunjuk menjadi Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Jabatan baru ini diemban sejak Maret 2024. Sebelum di Pertamina, diketahui Bagaskara Ikhlasulla Arif menjabat di PT Bank Rakyat Indonesia.

Bagaskara Ikhlasulla Arif adalah putra dari Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati. Titik merupakan adik bungsu Presiden Jokowi.

Politikus PDIP Ferdinand Hutahaean memberikan reaksi negattif terhadap penunjukkan Bagaskara Ikhlasulla Arif, sebagai manager di Pertamina.

Ferdinand menyoroti betapa beruntungnya Bagaskara dalam memperoleh posisi tersebut, karena keponakan Jokowi.

“Beruntungnya beliau ini jadi ponakan Jokowi,” ujar Ferdinand dalam keterangannya di aplikasi X @ferdinand_mpu (6/6/2024).

Ferdinand menyatakan bahwa perpindahan Bagaskara dari BRI ke Pertamina bukanlah hal yang mudahdan sangat tidak masuk akal.

“Dari BRI pindah ke Pertamina bukanlah hal mudah,” ucapnya.

Ia pun merasa heran dengan perpindahan Bagaskara yang mencakup perpindahan antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang makin membuat tidal masuk akal.

“Pindah direktorat saja di internal Pertamina bukan hal mudah. Ini antar BUMN, cukup mudah mungkin karena dia ponakan Jokowi,” katanya.

Ferdinand menduga bahwa perpindahan Bagaskara ke Pertamina terkait dengan sektor minyak yang dianggap sebagai ‘lahan basah’ dan lebih segar.

“Kenapa pindah? Pertamina lebih segar? Lebih licin karena minyak?,” tandasnya.

Sebelumnya, Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Presiden Joko Widodo, telah ditunjuk untuk memegang jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Bagaskara menerima posisi ini setelah sebelumnya bekerja di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso angkat suara mengenai hal ini.

Ia menyebut, Bagaskara mulai berkarier di Pertamina sejak 2021 hingga menempati posisi yang cukup strategis di BUMN minyak dan gas bumi (migas).

Keponakan Jokowi itu masuk melalui jalur profesional lantaran punya kompetensi yang mumpuni.

Menurut Fadjar, Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensi kandidat.

“Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional. Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya,” ujar Fadjar saat dikonfirmasi, Kamis (6/6/2024).

Sebelumnya, Bagaskara sempat menulis pesan berisi jabatan baru yang diemban di Pertamina.

“I’m happy to share that I’m starting a new position as Manager Non Government Relation at PT Pertamina (Persero)!” tulis mantan pegawai PT Bank Rakyat Tbk. itu di LinkedIn.

Di laman yang sama lulusan sarjana Universitas Gadjah Mada pada 2016 itu juga sempat menulis posisi dia sebagai Asisten Manajer di PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI sejak November 2018 hingga Oktober 2021.

Selanjutnya, pada November 2021 menjadi Senior Expert Government Relation di Pertamina.

Kemudian dia menjadi Manager Non-Government Relation di perusahaan pelat merah yang dipimpin Nicke Widyawati itu pada Maret 2024.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membenarkan posisi Bagaskara di Pertamina.

“Iya, benar,” kata Ginting melalui aplikasi perpesanan pada Rabu malam, 5 Juni 2024.

Pria yang akrab disapa Bagas itu menikah dengan Ima Qoyyimah.

Acara pernikahan keponakan Presiden Jokowi itu digelar di Gedung Graha Saba Buana, di Jalan Letjen Suprapto Nomor 80-B, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 12 Maret 2022.

* Artikel berita ini bersumber dari media Online (Gelora News)

Leave a Comment